astraracing.com

My WordPress Blog

Museum Islam Indonesia KH Hasyim Asy’ari di Tebuireng, Jombang, Jawa Timur yang gres saja diresmikan oleh Presiden Jokowi, lokasinya berdekatan dengan Pondok Pesantren Tebuireng. Selain meresmikan museum, presiden Jokowi juga melaksanakan beberapa  kegiatan.  Pembangunan museum yang berasal dari anggaran pemerintah sentra melalui Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan atau Kemendikdbud ditaksir menghabiskan dana mencapai Rp 30 milliar.

Pembentukan musem berdana milliaran ini sebagai penghormatan kepada para ulama yang berjasa dalam berjuang bagi kemerdekaan RI. Ulama yang juga termasuk pendiri Nahdlatul Ulama (NU) yang dianggap telah berjasa ibarat K.H Hasyim Asy’ari, K.H. Wahid Hasyim, sampai K.H. Abdurrahman Wahid atau Gus Dur. Selain itu, ada K.H. Wahab Hasbullah, salah satu pendiri NU yang juga sudah ditetapkan menjadi satria nasional. Makam mereka berada di kompleks Pondok Pesantren Tambak Beras Kabupaten Jombang.

Kepala Subbagian Hubungan Masyarakat Polres Jombang Inspektur Satu Sarwiji mengatakan, ketika petugas sudah dipersiapkan untuk pengamanan kedatangan Presiden Joko Widodo dan rombongan.

“Kami berada di ring tiga, yang ring satu dan dua itu dari Pasukan Pengamanan Presiden. Kami sudah melaksanakan sterilisasi semenjak hari Minggu serta untuk persiapan pengamanan rute yang dilalui Presiden,” kata Sarwij dikutip dari Tempo.

Ia menambahkan, ratusan personel dilibatkan dalam pengamanan kedatangan Jokowi ini, adalah dari Tentara Nasional Indonesia dan Polri.